Pidato Pribumi Anies Dilaporkan Ke Polisi, Ini Kata PKS

Pidato Pribumi Anies Dilaporkan Ke Polisi, Ini Kata PKS
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan dilaporkan ke polisi oleh sebuah ormas karena pidato perdananya. Dalam pidato perdananya, Anies menyebut kata pribumi.

Berkaitan dengan dilaporkannya Anies ke polisi, politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang juga mantan Ketua Tim Pemenangan Anies, Mardani Ali Sera, angkat bicara. Ia pun menyerahkan sepenuhnya laporan tersebut pada ranah hukum.

"Monggo saja (dilaporkan). Ini negara hukum dan warga dapat secara transparan menilai," kata Mardani Selasa (17/10/2017).

Mardani pun makna kata pribumi dalam pidato Anies Baswedan. Menurutnya pidato Anies tidak menyinggung mengenai etnis atau kelompok tertentu. Mardani menegaskan bahwa pidato Anies menekankan pada kesenjangan ekonomi yang dinilai hanya dinikmati kelompok tertentu.

"Penyebutan pribumi dalam konteks ekonomi memang ada kesenjangan. Itu bagian dari komitmen membangun mereka yang di akar rumput. Ditujukan bukan pada etnis tertentu, tapi pada perilaku pengusaha yang elitis dan hanya mengambil kepentingan sendiri," ujarnya.

Mardani mengatakan tidak ada maksud sedikitpun Anies melontarkan ucapan rasis terkait pidato tersebut. 

"Tidak ada pikiran rasis," imbuhnya.

PKS merupakan salah satu partai pendukung Anies Baswedan dan Sandiaga Uno yang kini diamanahi sebagai Gubernur dan Wakil Guberrnur DKI Jakarta.
Advertisement

You might also like