[Pilgub NTB 2018] PKS-Demokrat Resmi Berkoalisi, Usung Zulkieflimansyah-Siti Rohmi Djalilah?

[Pilgub NTB 2018] PKS-Demokrat Resmi Berkoalisi, Usung Zulkieflimansyah-Siti Rohmi Djalilah?
Mataram - Suhu politik menjelang Pemilihan Gubernur (Pilgub) NTB 2018 semakin memanas. Seperti yang dilakukan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Demokrat. Setelah menunggu cukup lama, proses komunikasi antara Partai Demokrat dan PKS, akhirnya mencapai kesepakatan untuk berkoalisi mengusung pasangan calon kepala daerah di Pilgub NTB 2018.

Koalisi kedua partai ini juga memastikan pasangan calon yang akan mereka usung, telah mengunci tiket sebagai peserta Pilgub NTB 2018. Karena jumlah kursi kedua partai di perlemen, Demokrat delapan kursi dan PKS enam kursi, telah melampui syarat jumlah minimal 13 kursi untuk bisa mendaftarkan pasangan calon ke KPU.

Kesepakatan koalisi itu dicapai setelah Ketua dua partai tersebut melakukan pertemuan, Kamis (19/10/2017) kemarin. Hal ini dibenarkan Ketua DPW PKS NTB, H. Abdul hadi, bahwa PKS dan Demokrat telah bersepakat berkoalisi. 

“Kita tinggal pembicaraan menuju calon. Nah ini ndak bisa kita putuskan, karena itu menjadi kewenangan DPP, kita hanya mengusulkan saja,” kata Hadi.

Ketika ditegaskan soal pasangan calon yang akan diusung oleh kedua partai, meskipun tidak secara tegas menyebutkan, kemungkinan akan mengusung pasangan Dr. Zulkieflimansyah dan Dr. Siti Rohmi Djalilah. 

Meskipun demikian keputusan ada di ranah DPP. Yang jelas pihaknya tetap pada usulan awal untuk mengusung Dr. Zulkieflimansyah. Pihaknya bahkan sudah menyampaikan rekomendasi ke pusat. Oleh karena itu, ia tidak mau mendahului keputusan pusat terkait pasangan calon.

“Yang penting kita bangun komunikasi, untuk menjajaki apa tawaran Demokrat, dan apa harapan kita. Itu nanti kita sampaikan ke pusat sesuai dengan arahannya. Mudah-mudahan putusan pusat seperti yang kita harapkan. Jadi sekarang ini kita terus bangun komunikasi, sampai kepastiannya dia daftar ke KPU,” ujarnya.
Advertisement
Next
This Is The Current Newest Page

You might also like