Sohibul Iman Capres 2019?

Sohibul Iman Capres 2019?
Jakarta - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sudah siap menghadapi Peemilihan Umum (Pemilu) 2019, bukan hanya pemilu legislatif tapi juga Pemilihan Presiden. Bahkan PKS pun kini bersiap menyiapkan calon presiden (capres) 2019 dari kader terbaik mereka. Siapa kira-kira yang bakal diusung?

"Salah satu figur yang bisa kami ajukan ada Presiden PKS (Sohibul Iman), ada Gubernur Jabar, ada Gubernur Sumatera Barat, tokoh-tokoh yang punya kualifikasi cukup untuk dimajukan capres," kata Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid, Kamis (19/10/2017).

Hidayat menjelaskan opsi mengusung Sohibul akan bergantung pada judicial review atau uji materi UU Pemilu di Mahkamah Konstitusi. Salah satu pasal di undang-undang tersebut ialah ambang batas pengajuan capres sebesar 20-25 persen. 

"Kita siapkan kader terbaik dan ada beberapa kader yang sekarang ini berada di posisi publik sangat bagus dan mereka layak kami majukan sebagai capres bila kemudian peraturan perundangan memungkinkan. Kalau 20 persen, ya kami tahu diri. PKS kemarin dapat sekitar 8 persen," ujarnya.

Menurut Hidayat, PKS memang punya tradisi menyiapkan nama-nama untuk diusung dalam Pilpres 2019. Langkah itu, katanya, merupakan strategi politik.

"Bahwa langkah yang kami lakukan itu sudah biasa. PKS saja kan dari dulu menyebut ketua partai sebagai presiden. Kami untuk hal semacam itu sudah menjadi tradisi," kata mantan Presiden PKS ini.
Advertisement

You might also like