Tegas Tolak Perppu, PKS Temui Ormas

Tegas Tolak Perppu, PKS Temui Ormas
Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sampai saat ini tegas menolak Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) No. 2 Tahun 2017 tentang Ormas. PKS pun menggalang kekuatan dengan menemui sejumlah Ormas yang menolak Perppu tersebut.

Seperti yang dilakukan oleh petinggi PKS Mardani Ali Sera dan Almuzammil Yusuf mendatangi sejumlah Ormas di Jawa Barat. Keduanya telah menemui beberapa Ormas di antaranya Muhammadiyah, Pemuda Siliwangi, dan Jamiah Washiliyah.

“Kami berupaya maraton mendengar aspirasi masyarakat tentang Perppu Ormas yang diterbitkan pemerintah di bulan Oktober ini,” kata Mardani melalui rilis tertulisnya, Minggu (8/10/2017).

Mardani mengatakan, pertemuan dengan sejumlah ormas yang mendukung dan menolak Perppu Ormas penting dilakukan. Hal ini karena untuk mendapatkan masukan saat pembahasan di Komisi II DPR.

Mardani sangat menyesalkan karena pemerintah langsung menerbitkan Perppu tersebut tanpa adanya upaya menyerap aspirasi masyarakat. 

Apalagi, Undang-undang Ormas No. 17 Tahun 2013 sebenarnya telah memuat mekanisme pembubaran Ormas yang demokratis, yakni melalui pengadilan. 

Mardani menilai, sebagai negara demokrasi seharusnya pemerintah tidak menerbitkan Perppu tersebut tanpa mendengar suara ormas.

"Ini kan negara demokrasi bukan otokrasi, aspirasi ormas kebanyakan di Indonesia mestinya terlebih dahulu didengarkan sebelum dibuat sebuah keputusan,” imbuh Mardani.

Sekadar diketahui, Perppu Ormas saat ini tengah dibahas di Komisi II DPR. Pada pembahasan pertama telah dilakukan rapat dengar pendapat dengan pemerintah.

Selanjutnya, Komisi II akan mengundang perwakilan masyarakat terkait Perppu tersebut untuk kemudian diputuskan apakah diterima atau ditolak dalam rapat paripurna sebelum masa reses.
Advertisement

You might also like