Karena Hal Ini TNI Apresiasi Relawan Kemanusiaan PKS

Karena Hal Ini TNI Apresiasi Relawan Kemanusiaan PKS
Kebumen - Tentara Nasional Indonesia (TNI) mengapresiasi para relawan kemanusiaan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Hal ini dikarenakan kesigapan relawan PKS. Ini terungkap saat Pembantu Letna Satu (Peltu) Rizki yang menjadi pemateri wawasan kebangsaan dalam acara Kemah Bakti Nusantara (Kembara) Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKS Jawa Tengah cukup terkesan terhadap kesigapan relawan PKS.

Saat mengisi acara kembara, Peltu Rizki menyampaikan apresiasi terhadap antusiasme seluruh peserta Kembara PKS Jateng. Menurut Peltu Rizki, relawan PKS adalah salah satu yang membantu TNI, terutama dalam penanganan bencana alam.

“Saya menjadi saksi bahwa ketika TNI datang, relawan PKS lah yang pertama menemani TNI mengevakuasi banjir dan longsor Purworejo lalu,”katanya, Minggu (8/10/2017) di Pantai Laguna, Kecamatan Mirit, Kabupaten Kebumen.

Saat itu, peristiwa bencana alam tanah longsor pada Sabtu (18/6/2016) tahun lalu merenggut nyawa 46 warga di Kabupaten Purworejo.

Bencana tersebut adalah bencana alam terparah di Jateng pada tahun 2016. TNI dan sejumlah relawan Basarnas, BPBD, TNI, lembaga sosial diterjunkan ke lokasi bencana longsor dan banjir di Jateng. Setidaknya, relawan gabungan PKS, saat bencana tersebut fokus di tiga kabupaten yakni Purworejo, Kebumen dan Banjarnegara.

Dalam kegiatan Kembara tersebut, sebanyak 1468 kader PKS se-Jawa Tengah digembleng menjadi relawan kemanusiaan selama tiga hari.

Dalam keterangannya, Ketua Panitia Kembara Jawa Tengah Amir Darmanto, mengatakan bahwa 1468 kader tersebut digembleng berbagai kegiatan, diantaranya wawasan kebangsaan dari Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Negara (POLRI) dan sejumlah agenda penguatan fisik lainnya.

“Salah satu materi yang ditunggu adalah Survival Persistensi (Super) yang menjadi tantangan kader, mereka harus bertahan meninggalkan makan minum yang biasa disantap selama tiga hari, dengan kondisi seperti itu mereka tetap harus menerima materi wajib lainnya antara lain, senam pagi, push-up, disamping itu ada materi kerelawanan,wawasan kebangsaan, kedisiplinan yang disampaikan oleh beberapa pihak antara lain Polri dan TNI,”jelasnya.

 “serta juga ada agenda lain adalah long march sekitar 30 KM atau selama 24 jam penuh, yakni sabtu pagi-ahad pagi jelang penutupan,”kata pria yang juga anggota DPRD Provinsi Jateng tersebut.

Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKS Jateng KH Kamal Fauzi mengungkapkan bahwa agenda Kembara ini diharapkan menjadi momentum pelatihan relawan kemanusiaan kader PKS, terutama saat terjadi bencana alam.“Acara ini adalah untuk para relawan kemanusiaan yang biasa diterjunkan saat bencana, kita ingin terdepan membantu TNI dan pemerintah dalam relawan kemanusiaan seperti bencana,” tukasnya.


Sumber: PKS Jateng
Advertisement

You might also like