PKS Tetapkan 9 Nama Hanya untuk Cawapres? Ini Kata HNW

PKS Tetapkan 9 Nama Hanya untuk Cawapres? Ini Kata HNW
Jakarta - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) melalui Musyawarah Majelis Syuro VI telah menetapkan sembilan nama sebagai bakal calon presiden dan atau bakal calon wakil presiden hasil penjaringan internal untuk diusung dalam pemilihan presiden 2019.

Menurut Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid (HNW) diperkirakan partai yang pernah dipimpinnya bisa mendapat posisi calon wakil presiden saat berkoalisi dalam Pemilu 2019.

"Kemungkinan besar kalau posisi ini (perolehan suara saat ini), kan, harus berkoalisi dengan partai yang perolehannya lebih besar. Dengan posisi ini kemungkinan besar PKS di posisi cawapres," kata Hidayat, Selasa (16/1/2018), seperti diberitakan Kompas.

Dalam penilaian HNW sembilan nama kader PKS yang disodorkan ke publik, semuanya memiliki kapasitas yang mumpuni serta memiliki berbagai latar belakang keahlian, pendidikan, dan suku.

Hidayat Dorong Kader Muda di Pilpres 2019

Berkaitan dengan pilpres 2019, HNW menyarankan agar yang lebih muda dan berprestasi yang ditonjolkan.

"Kalau demikian, sekali lagi saya lebih mendorong yang muda-muda, tetapi yang punya prestasi dan teruji di masyarakat untuk kemudian bersama pada pilpres," ujar Hidayat.

Sebelumnya, Presiden PKS Mohamad Sohibul Iman menyatakan, Musyawarah Majelis Syuro VI PKS menetapkan bakal calon presiden dan atau bakal calon wakil presiden dari PKS. Musyawarah Majelis Syuro VI PKS digelar 13-14 Januari 2018.

Sohibul menyatakan, PKS memajukan nama-nama kader hasil penjaringan internal guna ditawarkan kepada masyarakat dalam suksesi kepemimpinan nasional pada 2019.

"Sebagai partai kader, PKS telah melakukan proses kaderisasi kepemimpinan dalam berbagai jenjang," ujar Sohibul Iman, Senin (15/1/2018).

Maka, Musyawarah Majelis Syuro VI PKS menetapkan sembilan nama sebagai bakal calon presiden dan atau bakal calon wakil presiden hasil penjaringan internal," ucap Sohibul.

Berikut daftar nama calon presiden atau wakil presiden dari PKS yang akan ditawarkan kepada masyarakat:

1. Gubernur Jawa Barat dari PKS Ahmad Heryawan
2. Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid
3. Mantan Presiden PKS Anis Matta 
4. Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno
5. Presiden PKS Mohamad Sohibul Iman
6. Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Al'Jufrie
7. Mantan Presiden PKS Tifatul Sembiring
8. Ketua DPP PKS Al Muzammil Yusuf
9. Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera
Advertisement

You might also like