Ini Tiga Tantangan Ketua DPR Baru Menurut PKS

Ini Tiga Tantangan Ketua DPR Baru Menurut PKS
Jakarta - Bambang Soesatyo resmi menjadi Ketua DPR setelah dilantik oleh Mahkamah Agung. Pemilihan pria yang biasa disapa Bamsoet ini juga telah disetujui oleh para anggota DPR dalam rapat paripurna.

Bambang Soesatyo langsung diambil sumpah jabatannya di Gedung DPR oleh Ketua Mahkamah Agung (MA) Hatta Ali.

Berkaitan dengan diangkatnya Bamsoet sebagai ketua DPR baru, Wakil Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPR Aboe Bakar Alhabsyi mengatakan, ada tiga tantangan Bambang Soesatyo sebagai pimpinan parlemen.

"Sebagai pimpinan baru setidaknya ada tiga tantangan yang dihadapi dalam kepemimpinannya di Senayan," kata Aboe dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa (16/1/2018), seperti dikutip dari laman Liputan6.com

Pertama, kata dia, dalam kerja legislasi DPR ditantang untuk memenuhi capaian dari target yang telah dipatok.

"Di tahun ini misalnya, telah ditetapkan 50 Undang-Undang yang dimasukkan dalam Prolegnas 2018. Tentunya capaian Prolegnas ini akan menjadi salah satu indikator keberhasilan kepemimpinan Bambang Soesatyo di DPR," katanya.

Aboe pun melanjutkan tantangan kedua Ketua DPR baru yaitu hasil survei oleh Global Corruption Barometer (GCB) yang disusun Transparency International beberapa waktu lalu menyimpulkan bahwa masyarakat sudah menilai DPR sebagai lembaga negara paling korup.

"Ini adalah tugas berat untuk Bambang Soesatyo agar kepemimpinannya bisa membuat citra DPR menjadi lebih baik. Beliau perlu membuat langkah-langkah yang strategis agar kepercayaan publik ke DPR semakin meningkat," ujarnya.

Yang ketiga sebagai Ketua DPR yang baru, Bambang Soesatyo memiliki pekerjaan rumah untuk melakukan modernisasi kelembagaan DPR.

"Berbagai penguatan perlu dilakukan agar fungsi legislasi, budgeting maupun pengawasan dapat lebih efektif dan efisien. Tentunya hal ini hanya dapat dilakukan jika memanfaatkan tekhnologi dan informasi yang terus berkembang," imbuh Aboe.
Advertisement
Advertisement

You might also like