PKS: Pencegahan Anies ke Podium Piala Presiden Rugikan Jokowi

PKS: Pencegahan Anies ke Podium Piala Presiden Rugikan Jokowi
Jakarta - Insiden kurang mengenakan dialami Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ketika putaran final Piala Presiden 2018. Anies dicegat oleh Paspampres saat hendak mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke podium Piala Presiden 2018. Menurut Partai Keadilan Sejahtera (PKS) kejadian yang dialami Anies Baswedan merugikan Presiden Jokowi.

PKS mengatakan pencegahan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan merupakan kesalahan protokoler. Padahal menurut PKS, Anies sebagai pejabat tuan rumah (gubernur) harusnya mendampingi Jokowi.

"Kalau benar ada pencegahan itu kesalahan protokoler. Mestinya seperti biasa, tuan rumah mendampingi," kata Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera, Ahad (18/2/2018).

Mardani menjelaskan Anies mendapat perlakuan yang semena-mena terkait pencegahan itu. Menurutnya, Jokowi menjadi pihak yang dirugikan karena pencegahan Anies tersebut.

"Pak Jokowi rugi dengan kejadian ini karena publik kian menyaksikan ada ketidakadilan dan perlakuan semena-mena. Publik mudah bersimpati pada mereka yang mendapat perlakuan semena-mena. Secara politik, Pak Jokowi rugi besar dengan kejadian ini," ungkapnya.

Senada dengan Mardani, Ketua DPP PKS Almuzzammil Yusuf mengatakan harusnya pihak Paspampres yang setiap hari mendampingi Jokowi memahami protokoler dan tata krama. Ia pun membandingkan keakraban Jokowi dengan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) saat menjadi Gubernur DKI Jakarta. 

"Tim presiden sudah kenal tata krama atau protokoler. Protokoler kan ada, kalau undang-undang protokoler kan kita buat, jadi saya nggak tahu kesalahannya dimana," kata Almuzzammil seperti dilansir detik.com.

"Dulu dengan Pak Ahok akrab banget kan. Sekarang kan Pak Anies gubernurnya, kami menyayangkan seolah ada ketidakpahaman protokoler," kata Muzzammil.
Advertisement

You might also like