Pengamat: Tiga Kader PKS Ini Tepat Disandingkan dengan Prabowo

Pengamat: Tiga Kader PKS Ini Tepat Disandingkan dengan Prabowo
Jakarta - Pengamat politik dan pendiri lembaga survei Kedai Kopi, Hendri Satrio mengatakan ada tiga nama kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang punya potensi untuk maju di pemilihan presiden (pilpres) 2019. 

Hendri menilai, tiga nama tersebut bisa diusung sebagai calon wakil presiden (cawapres) atau pun calon presiden (capres) jika Prabowo Subianto mengurungkan niat maju di pilpres.

"Dari sembilan nama yang diajukan oleh PKS kemarin, saya lihat hanya ada tiga nama yang perlu dipertimbangkan. Baik untuk menjadi cawapres pendamping Prabowo, maupun menjadi capres menggantikan Prabowo," katanya, Ahad (29/4/2018).

Tiga nama tersebut adalah Sohibul Iman yang merupakan Presiden PKS, Ahmad Heryawan (Aher) yang merupakan Gubernur Jawa Barat dua periode, serta Irwan Prayitno yang merupakan Gubernur Sumatera Barat. 

"Sohibul Iman karena dia adalah presiden PKS. Sementara Aher juga bisa dibilang sukses membawa Jawa Barat. Lalu Irwan Prayitno itu juga sukses menjadi Gubernur Sumatera Barat," jelasnya.

Sementara nama-nama lain di luar tiga nama tersebut, Hendri mengatakan masih belum cukup untuk membantu mendongkrak elektabilitas baik bila disandingkan dengan Prabowo maupun melengang sendiri menjadi capres. Nama-nama lain yang kemungkinan masih dikenal masyarakat, kata dia, adalah Hidayat Nur Wahid (HNW) dan juga Mardani Ali Sera. 

"Saya kira HNW masih belum cukup dan belum mampu mendongkrak elektabilitas. Dan beliau pernah maju kan. Kalau Mardani mungkin ya, karena selama ini dia suka berada di media, jadi mungkin masyarakat mulai mengenal Mardani," katanya.

Namun, dia tak merekomendasikan nama-nama selain ketiga nama tersebut. Ia cukup yakin bila tiga nama itu dipertimbangkan, maka cukup akan mendongkrak elektabilitas pasangan calon untuk menyaingi Jokowi.

Seperti diketahui, PKS memberikan sembilan nama untuk dipertimbangkan dan dikaji bersama dengan Gerindra dalam langkah politik perhelatan Pilpres 2019. Kesembilan nama itu selain Sohibul Iman, Aher, Irwan Prayitno, adalah Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid, Mantan Presiden PKS Anis Matta, Krtua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Al’Jufrie, Mantan Presiden PKS Tifatul Sembiring, Ketua DPP PKS Al Muzammil Yusuf, dan Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera.

Sumber: Republika
Advertisement
aplikasi

You might also like