PKS Prioritaskan Orang Asli Papua untuk Jadi Caleg

PKS Prioritaskan Orang Asli Papua untuk Jadi Caleg
Berita PKS - Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Biak Numfor, Papua, memprioritaskan orang asli papua (OAP) sebagai calon anggota legislatif (caleg) DPRD pada Pemilu Legislatif di 2019.

"Total keseluruhan sebanyak 25 caleg DPRD, yang tersebar di lima daerah pemilihan. Untuk OAP bisa 70 persen dari kuota yang ada, dan akan segera didaftarkan ke KPU," kata Ketua DPD PKS Kabupaten Biak Numfor M.Imnahuda, ketika dihubungi di Biak, Jumat (13/7/2018).

Ia menyebut sebanyak 25 caleg PKS Biak kini sedang melengkapi berkas syarat pencalonan seperti surat kesehatan, SKCK, surat bebas narkoba, surat pemeriksaan kejiwaan, surat keterangan tidak sedang menjalani hukuman dari Pengadilan Negeri.

"Caleg OAP dari tokoh adat, tokoh perempuan serta tokoh masyarakat Biak diharapkan dapat merebut kursi anggota legislatif DPRD Kabupaten Biak Numfor pada Pemilu 2019," ujar Imnahuda.

Disinggung kuota 30 persen caleg perempuan dari setiap parpol wajib, menurut Imnahuda, pengurus PKS Biak sudah menyiapkan caleg perempuan di setiap daerah pemilihan sesuai dengan jumlah kursi yang diperebutkan.

"Ya jajaran pengurus Partai Keadilan Sejahtera Biak masih mempersiapkan sejumlah berkas syarat administrasi pencalonan anggota legislatif DPRD," ujarnya.

Sementara itu, KPU Biak Jackson S Maryen mengatakan pendaftaran caleg DPRD untuk Pemilu 2019 di Kabupaten Biak Numfor sudah dibuka mulai 4 Juli hingga 17 Juli 2018.

"16 Parpol peserta pemilu yang mendaftarkan caleg di Kabupaten Biak Numfor akan menggunakan sistem informasi pencalonanan secara nasional," kata Jacson.

Hingga Jumat (13/7), sebanyak 16 parpol peserta Pemilu 2019 di Biak Numfor masih belum mendaftarkan caleg sebab masih mengurus persyaratan administrasi pencalonan.

Berdasarkan data jumlah kursi anggota DPRD yang diperebutkan untuk Pemilu legislatif 2019 sebanyak 25 kursi terbagi di lima pemilihan yakni Biak Numfor I (tujuh kursi), Biak Numfor II (tujuh kursi, Biak Numfor III (tiga kursi), Biak Numfor IV (lima kursi) dan Biak Numfor V (tiga kursi). (nd/antara)
Advertisement
Advertisement

You might also like