Survey SMRC Sebut Aher Masuk Bursa Calon Presiden Indonesia

Survey SMRC Sebut Aher Masuk Bursa Calon Presiden Indonesia
Berita PKS - Menjelang pendaftaran calon presiden ke Komisi Pemilu Umum (KPU) bulan Agustus 2018 mendatang, lembaga survey Saiful Mujani Reasearch and Consulting (SMRC) terrkait siapa saja kandidat yang diperkirakan akan masuk bursa calon presiden Indonesia.

Berdasarkan survey SMRC tersebut, diperkirakan akan ada beberapa kandidat yang kemungkinan akan mendaftar untuk menjadi bakal calon Presiden Indonesia.

Menurut survey SMRC akan ada 22 nama bakal calon presiden yang diprediksi akan mendaftar sebagai calon presiden RI 2019.

Adapun Nama-nama tersebut adalah Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Ahmad Heryawan (Aher), Airlangga Hartarto, Anies Baswedan, Budi Gunawan, Chairul Tanjung, Gatot Nurmantyo, Grace Natalie, Joko Widodo (Jokowi), M Romahurmuziy, dan M Sohibul Iman.

Selanjutnya adalah M Yusril Ihza Mahendra, M Zainul Majdi, M Jusuf Kalla, Mahfud MD, Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto, Puan Maharani, Said Aqil Siradj, Sri Mulyani Indrawati, Syafruddin dan Zulkifli Hasan.

SMRC menetapkan prediksi calon-calon ini berdasarkan opini kalangan elite, informasi media massa dan masyarakat.

Menurut SMRC, ketiga golongan tersebut dinilai sangat tahu informasi yang beredar dikalangan terbatas, politisi dan teknokrat senior, intelektual nasional dengan reputasi luas, pengusaha yang masuk kelompok papan atas (masuk dalam 50 orang terkaya).

Total elite yang menjadi sample berjumlah 12 orang.

Untuk opinion leader atau orang-orang yang banyak ikut bersuara dan membentuk pendapat public seperti pengamat, intelektual, atau peneliti yang biasa terekspos ke media massa, para pimpinan redaksi media massa berjumlah 93 orang.

Untuk jumlah masyarakat yang mengikuti survey adalah 2206 orang. (nd/ttribunnews)
Advertisement
Advertisement

You might also like